DEFINISI PROBABILITAS

probabilitas(probabilistic) →kondisi bersifat tidak pasti atau tidak dapat diketahui dengan pasti

Dua jenis probabilitas

Probabilitas obyektif (objective probability)

Probabilitas subyektif (subjective probability

 ProbabilitasobyektifProbabilitasklasik (classical probability) atau sebelum kejadian (a priori) → kita menentukan probabilitas sebelum kejadian yang sebenarnya terjadi.Probabilitas yang berdasarkan“untung-untungan”.Probabilitas frekuensi relatif (relative frequency probability)Probabilitas yang berdasarkan observasi dar idata kejadianyang lalu.Probabilitas subyektifProbabilitas subyektif…Apabila frekuensi relatif (data) tidak tersedia maka biasanya akan mempertimbangkan faktor: kepercayaan, pengalaman, atau pengetahuan pribadi terhadap situasi yang akan datang.Probabilitas yang tidak berdasarkan buktidarikejadian yang lalu.Karakteristik probabilitas

1.Probabilitas kejadian P (kejadian) selalu lebih besar atau sama dengan nol, atau, lebih kecil atau sama  sama dengan satu

2.Total probabilitas semua kejadian􀃆1

3.Kumpulan kejadian dikatakan mutually exclusive, jika hanya satu kejadian yang dapat terjadi pada waktu tertentu.

4.Kumpulan kejadian (set of events) adalah semuakejadian yang mungkin terjadi saja, disebut dengan kumpulan collectively exhaustive  Definisi probabilitasProbabilitas sering diterjemahkan dalam kata peluang. 

Probabilitas adalah kemungkinan yang dapat terjadi dalam suatu peristiwa tertentu. Teori probabilitas sangat lu s penggunaannya, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kalangan ilmuan. Sering kita mendengar perkataan mungkin dia sakit; kemungkinan besar hari akan hujan; mungkin saya bisa mendapat nilai A dalam pelajaran Statiska, dan sebagainya. Perkataan-perkataan kemungkinan tersebut di dalam teori probabilitas diterjemahkan menjadi angka-angka sehingga untuk selanjutnya dapat diolah dengan menggunakan Matematika. Teori probbabilitas ini sering digunakan oleh para pengambil keputusan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya atau apa yang harus dipilih. Definisi probabilitas dapat dilihat dari tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan klasik, pendekatan frekuensi relatif dan pendekatan subjektif.     

1. Pendekatan KlasikMenurut pendekatan klasik, probabilitas diartikan sebagai hasil banyaknya peristiwa yang dimaksud dengan seluruh peristiwa yang mungkin 

2. Pendekatan Frekuensi RelatifMenurut pendekatan frekuensi relatif, probabilitas dapat diartikan sebagai berikut:a. Proporsi waktu terjadinya suatu peristiwa dalam jangka panjang, jika kondisi stabil.b. Frekuensi relatif dari seluruh peristiwa dalam sejumlah besar percobaan.Probabilitas berdasarkan pendekatan ini sering disebut sebagai probabilitas emperis. Nilai probabilitas ditentunkan melalui percobaan, sehingga nilai probabilitas itu merupakan limit dari frekuensi relatif peristiwa tersebut. 

3. Pendekatan Subjektif Probabilitas adalah sebaga tingkat kepercayaan individu atau kelompok yang didasarkan pada fakta-fakta atau peristiwa masa lalu yang ada atau berupa terkaan saja.


Sumber :

Nugroho, Sigit. 2007 . Dasar-Dasar METODE STATISTIKA . Jakarta: GrasindoSiringoringo, 

Hotringo, Agus.N, Rachmat . 2009 . PENGANTAR STATISKA . Jakarta: Gunadarma“Prinsip-

PrinsipStatistikUntukTeknikdanSains”, Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., PenerbitErlangga, Jakarta, 2005.

“Introduction to Management Science (SainsManajemen)”Edisi8, Bernard W. Taylor III, PenerbitSalembaEmpat, Jakarta, 2005.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Aturan untuk Membantu memperpanjang usia baterai ponsel anda !

PURCHASING POWER PARITY